Bantuan BMH untuk Rohingya Langsung Disalurkan ke Rakhine


Dok BMH

Suasana doa bersama Tim BMH bersama Muslim Rohingya di Rakhine.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Baitul Maal Hidayatullah (BMH) bekerja sama dengan Al-Khair Foundation (AKF) berhasil menyalurkan bantuan secara langsung ke kamp-kamp pengungsian Rohingya di Sittwe Township, Rakhine State, Myanmar, Selasa-Jumat, 7-10 Nopember 2017.

“Ini memang menjadi komitmen kami di BMH untuk menyalurkan bantuan langsung ke Rakhine,”  kata Direktur Pendayagunaan BMH Pusat, Dede HB dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Senin (13/11).

Ia menambahkan, Tim BMH berhasil menyalurkan bantuan ke kamp-kamp pengungsian Rohingya di Sittwe, Rakhine State. “Subhanallah, kami bersyukur, Alhamdulillah atas pertolongan Allah SWT,  dapat bersilaturahim dengan saudara-saudara kita Muslim Rohingya di sana sekaligus dapat menyalurkan bantuan secara langsung kepada mereka yang merupakan amanah (titipan) para donatur, kaum muhsinin di Indonesia,” tuturnya.

Dede menambahkan, bantuan tersebut tak lain adalah amanah dari hasil penggalangan dana yang dilakukan oleh BMH. Kegiatan itu bekerja sama dengan berbagai pihak di seluruh Indonesia.

“Amanah ini adalah hasil dari penggalangan dana yang dilakukan BMH dengan berbagai pihak, dari Aceh hingga Merauke, baik peorangan maupun kolektif,  bahkan atas nama perusahaan atau lembaga,  termasuk para siswa,  guru,  dan orangtua siswa Jaringan Sekolah Integral Hidayatullah seluruh Indonesia,” ucapnya.

Ia menambahkan,  “Kami mewakili BMH menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kepercayaannya menitipkan amanah bantuan untuk Muslim Rohingya melalui BMH.”

Sebelum ini, BMH telah menyalurkan bantuan ke Muslim Rohingya terutama yang di Bangladesh, mulai awal kejadian pada akhir Agustus 2017 lalu.

Bantuan tahap ke-1 hingga tahap ke-3 (Agustus – Oktober 2017) telah disalurkan kepada para pengungsi Muslim Rohingya di Bangladesh. Bantuan kali ini merupakan penyaluran bantuan tahap keempat.

“Alhamdulillah pada tahap ke 4 ini, kami baru saja menyalurkan bantuan langsung di Rakhine, Myanmar. Bantuan disalurkan dalam bentuk bahan pangan dengan total 58 ton paket bahan pangan yang terdiri dari beras,  kentang,  bawang,  minyak goreng,  susu,  dan kacang. Adapun total penerima manfaat bantuan berjumlah 1.600 KK atau 8.000 jiwa,” paparnya.

Masyarakat Rohingya sangat berbahagia atas kepedulian umat Islam Indonesia. “Semoga bantuan yang telah disedekahkan untuk kami dibalas oleh Allah dengan balasan yang berlimpah berkah,” ucap seorang Muslim Rohingya di Rakhine, seperti dikutip Dede.

Category: ZISWaf
No Response

Leave a reply "Bantuan BMH untuk Rohingya Langsung Disalurkan ke Rakhine"