Baznas Salurkan Mesin Penggiling Tempe

0 118


Republika/Musiron

Tempe (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau menyalurkan mesin penggiling tempe kepada salah seorang ibu rumah tangga di daerah itu.

"Zakat yang kita salurkan ke mustahiq itu bermacam. Ada yang produktif adapula yang berbentuk konsumtif. Untuk yang produktif sudah kita serahkan kemarin, tentunya kita berharap usaha mereka bisa berkembang, dan kelak mereka berubah menjadi muzakki," kata Ketua Baznas Kabupaten Bengkalis Ali Ambar di Bengkalis, Sabtu Kemarin.

Dia mengatakan mesin tersebut telah diserahkan kepada seorang ibu rumah tangga Tartati Marnis, warga Desa Pedekik, Kecamatan Bengkalis.

Dia mengatakan sebelumnya Baznas Kabupaten Bengkalis juga menyalurkan zakat untuk pembelian atap salah seorang warga di Desa Pambang Baru dan juga menyalurkan bantuan untuk warga yang rumahnya terbakar di Desa Penampi.

"Untuk menjangkau penyaluran zakat sampai ke pelosok desa, kami menghimbau masyarakat agar membentuk unit pengumpulan zakat (UPZ) berbasis desa, masjid dan lainnya. Karena potensi zakat yang ada di desa juga lumayan besar, seperti pengusaha perdagangan, pertanian dan lainnya," ujarnya lagi.

Sementara itu, menurutnya, mengubah status mustahiq (penerima zakat) menjadi muzakki (pemberi zakat) adalah salah satu misi Baznas Kabupaten Bengkalis. 

Untuk itu, dosen STAIN Bengkalis ini kembali menggalakkan dan mendorong masyarakat Kabupaten Bengkalis untuk mengeluarkan zakat melalui Baznas Kabupaten Bengkalis.

"Pengurus Baznas Kabupaten Bengkalis berkomitmen untuk terus menyosialisasikan keberadaan Baznas dan mengajak kepada mereka yang diberikan kelebihan rezeki untuk mengeluarkan zakat melalui Baznas Kabupaten Bengkalis," katanya. 

Category: ZISWaf
No Response

Leave a reply "Baznas Salurkan Mesin Penggiling Tempe"