Bimbing Mualaf Selama Ramadhan, YMPM Buka Pendaftaran Dai

0 132


MCI Jatim

Mualaf

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Yayasan Muslim Peduli Mentawai (YMPM) membuka pendaftaran untuk 40 dai untuk berdakwah di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat (Sumbar). Kebutuhan dai di daerah tersebut, khususnya untuk membimbing para mualaf selama bulan Ramadhan 1437 H.

"Persoalan mendasar yang terjadi di Mentawai dari dahulu hingga sekarang, yakni minimnya jumlah dai yang bersedia berdakwah di pedalaman Mentawai," kata Ketua YMPM, Ustaz Muhammad Shiddieq kepada Republika, Sabtu (28/5).

Alasannya, ia menjelaskan, berdakwah di Mentawai penuh rintangan dan tantangan. Ia menjabarkan, perjalanan dari Kota Padang menuju mentawai membutuhkan waktu 12-17 menggunakan kapal ambu-ambu. Selain itu, fasilitas seperti, internet, listrik dan jalan aspal, sangat minim. Kemudian, biaya hidup dan transportasi di daerah tersebut sangat tinggi.

Ustaz Shiddieq mengatakan, tujuan utama perekrutan dai, yakni untuk melaksanakan sejumlah program di pedalaman Mentawai. Seperti, mengumandangkan adzan untuk menghidupkan shalat lima waktu dan tarawih. Kedua, menjadi khatib shalat Jumat selama Ramadhan dan Idul Fitri.

Ketiga, memberikan ceramah saat tarawih dan setelah shalat Subuh. Keempat, mengajarkan pada mualaf cara mandi wajib, thaharah, wudhu, tayamum, shalat wajib dan jenazah. Kelima, mengajarkan membaca Iqra dan Alquran serta hafalan surat-surat pendek.

Ustaz Shiddieq berujar, pendaftaran dai dimulai pada 23 Mei hingga 1 Juni 2016. Untuk keterangan lebih lanjut, ia menuturkan, dapat menghubungi Muhammd Shiddieq 0853 6429 6465, Abu Dzaky 0853 7462 4550, Defitra Abu Dawud 0813 1972 5515.

"Tim dai Ramadhan, insya Allah akan pulang dari Mentawai pada 14 Juli 2016 dari Dermaga Mailepet, Pulau Siberut Kabupaten Mentawai," tuturnya.

Category: Nasional
No Response

Leave a reply "Bimbing Mualaf Selama Ramadhan, YMPM Buka Pendaftaran Dai"