Hamas: Dewan Nasional Palestina yang Baru Segera Dibentuk


Mahmoud Abbas ()kiri) dan Ketua Biro Politik Hamas, Khaled Meshal

REPUBLIKA.CO.ID, JALUR GAZA -- Wakil Ketua Biro Politik Hamas, Musa Abo Marzuq menyatakan, bahwa sejumlah faksi Palestina telah menyepakati pembentukan Dewan Nasional Palestina dengan struktur dan format yang baru. Dewan ini diharapkan dapat menciptakan rekonsiliasi nasional secara menyeluruh.

seperti diansir Ramallah News, Rabu (11/1), Dal itu dikemukan Abo Marzuq usai rapat pendahuluan yang dihadiri sejumlah faksi perjuangan Palestina seperti Hamas, Jihad Islamy, Gerakan Fatah, dan faksi-faksi lainnya. Menurut Abo Marzuq, Dewan Nasional dengan format yang baru ini diharapkan sejalan dengan harapan bersama untuk menciptakan rekonsiliasi nasional yang menyeluruh.

Selain itu, Dewan Nasional diharapkan menjadi rumah bersama dan mencerminkan keterwakilan seluruh lapisan dan kelompok dalam tubuh Palestina. Pemilihan dan pembentukan pengurus Dewan Nasional Palesitina ini akan dilangsungkan secara demokratis. “Semua pihak sepakat agar proses pembentukan pengurus Dewan Nasional dilangsungkan secara demokratis,” ucap Abo Marzuq

Diharapkan dengan dibentuknya Dewan Nasional ini, akan mempercepat realisasi rencana penyusunan anggota kabinet persatuan Palestina di pemerintahan, sesuai amanat kesepakatan “Rekonsiliasi Nasional” untuk mengakhiri perpecahan internal di tubuh Palestina.

Category: Internasional
No Response

Leave a reply "Hamas: Dewan Nasional Palestina yang Baru Segera Dibentuk"