Okky Minta Pemerintah RI Peduli Pelarangan Puasa Etnis Uighur Di China


support_uighurJAKARTA, muslimdaily.net – Pelarangan ibadah puasa di bulan Ramadhan terhadap muslim etnis Uighur oleh pemerintah Distrik Xinjiang China menuai protes dari berbagai negara. Salah satunya dari Indonesia. Mantan model yang kini menjadi politikus, Okky Asokawati, mengutuk keras tindakan pemerintah Xinjiang yang telah melakukan pelanggaran HAM tersebut.

“Tindakan tersebut telah melanggar Deklarasi Umum Hak Asasi Manusia (DUHAM) Pasal 18 tentang Hak atas Kebebasan Pikiran, Hati Nurani dan Memeluk Agama dan Resolusi Majelis Umum 36/55 pada 25 November 1981 tentang Penghapusan Semua Bentuk Intoleransi dan Diskriminasi Berdasarkan Agama dan Kepercayaan,” kata Okky di Jakarta, Rabu (8/6/2016), sebagaimana dilansir inilah.com.

Okky juga mendesak Indonesia untuk pro aktif melakukan lobi kepada pemerintah China agar menghapuskan larangan itu.

“Kami juga mendorong pemerintah RI untuk memaksimalkan keberadaan ormas keagamaan di Indonesia agar dapat menjadi agen promosi dalam praktik keberagamaan di Indonesia yang toleran dan menyejukkan khususnya kepada pemerintah dan masyarakat China, kendati China merupakan negara komunis. Tokoh-tokoh agama di Indonesia diyakini dapat menularkan cara damai dalam relasi antar agama di Indonesia,” imbaunya.

Pihak berwenang China memberlakukan tindak pelanggaran HAM terhadap  Muslim Uighur di Xinjiang setiap Ramadan. Tahun lalu International Union of Muslim Scholars (IUMS) mengecam larangan China pada pelakasanaan ibadah puasa selama bulan Ramadhan di kawasan Xinjiang. Organisasi yang dipimpin Syeikh Yusuf Qardhawi itu mendesak negara China untuk menghormati agama Islam.

Sebelumnya pada tahun 2014, pemerintah China di Xinjiang melarang praktek ibadah Islam di gedung-gedung pemerintah, serta mengenakan pakaian atau logo yang terkait dengan ekstremisme agama. Mei lalu, toko-toko Muslim dan restoran di sebuah desa di barat laut Xinjiang telah diperintahkan untuk menjual rokok dan alkohol atau menghadapi ancaman penutupan secara paksa.

Category: Internasional
No Response

Leave a reply "Okky Minta Pemerintah RI Peduli Pelarangan Puasa Etnis Uighur Di China"