RZ Berdayakan Ekonomi Penyandang Disabilitas

0 117


RZ (Rumah Zakat) bekerja sama dengan PT. ACC (Astra Credit Company) menggulirkan program pemberdayaan ekonomi untuk komunitas disabilitas di Komplek Maizonet, Jl. Melati 1 No.3, Kel. Paroppo, Kec. Panakukang, Makassar, belum lama ini

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR--RZ (Rumah Zakat) bekerja sama dengan PT. ACC (Astra Credit Company) menggulirkan program pemberdayaan ekonomi untuk komunitas disabilitas di Komplek Maizonet, Jl. Melati 1 No.3, Kel. Paroppo, Kec. Panakukang, Makassar, belum lama ini.  Pemberdayaan yang dilakukan berupa pelatihan produksi keripik bagi penyandang disabilitas yang tergabung dalam HWDI (Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia).

Dijelaskan dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Rabu (1/2), Kegiatan pembinaan untuk komunitas disabilitas tersebut sudah dimulai sejak bulan september 2016 lalu. Sekali produksi, komunitas yang terdiri dari 12 orang itu, bisa menghasilkan 100 hingga 150 bungkus. Produk yang mereka buat, kemudian dijual di sekitar tempat tinggalnya dengan harga Rp5000/bungkus. Melalui kegiatan ini anggota HWDI kini memiliki pemasukan tambahan untuk mereka.

Fasilitator ICD Rappokaling, Ana mengatakan, sebelumnya HWDI di wilayah tersebut memiliki program pelatihan keterampilan, namun kegiatan tersebut tidak berjalan dengan baik. Melalui program pemberdayaan dari RZ dan PT. ACC ini, nantinya angota HWDI akan difokuskan untuk mengurus unit usaha dan mengembangkannya.

Selain dilatih memproduksi keripik, mereka juga diberikan sarana usaha alat-alat produksi berupa kompor gas, mesin spinner (peniris minyak), dan alat-alat dapur lainnya. Melalui pembinaan ini, diharapkan para penyandang disabilitas bisa melakukan usaha secara mandiri. “Saya ucapkan terima kasih atas bantuan usaha yang diberikan untuk kami. Semoga ke depannya usaha kami bisa lebih besar dan lebih sukses,” kata Hety, salah satu anggota HWDI.

Category: ZISWaf
No Response

Leave a reply "RZ Berdayakan Ekonomi Penyandang Disabilitas"