SAUR Salurkan Sumbangan Masyarakat Aceh lewat ACT

0 19


AP/Dar Yasin

 Ribuan pengungsi muslim Rohingya yang mealrikan diri dari Myanmar, tertahan di perbatasan di Palong Khali, Bangladesh, Selasa (17/10).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Solidaritas Aceh untuk Rohingya (SAUR) sejauh ini telah mengumpulkan donasi masyarakat Aceh sebanyak Rp 2 miliar  lebih. "Dari jumlah ini, sebanyak Rp 1,25 miliar  telah disalurkan untuk pengungsi Rohingya di Bangladesh," kata Ketua SAUR Tgk. H. Faisal Ali seusai rapat persiapan Tabligh Akbar dan malam amal untuk Rohingya di Banda Aceh, Sabtu (11/11).

Rapat tersebut  dihadiri sejumlah tokoh,  seperti sekretaris SAUR  Teuku Farhan,  Ketua Panitia Tabligh Akbar Muhammad Balia, wakil Koordinator H. M. Zaini Yusuf, bendahara Shafwan Bendadeh, serta sejumlah tokoh ormas Islam lainnya.

“Sisa dana  dan bantuan berikutnya direncanakan akan disalurkan pada bulan Desember nanti. Dan diharapkan bisa terkumpul minimal Rp 1 miliar lagi. Termasuk dari acara Tabligh Akbar dan penggalangan dana di Masjid Raya pada malam Selasa 13 November 2017,” ujar Faisal Ali dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Sabtu (11/11).

Ia menjelaskan, proses penyaluran dilakukan oleh gerakan kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT). “Target pengumpulan Rp 5 miliar  dari seluruh Aceh. Untuk mencapai target itu SAUR akan terus membangun jaringan ke kabupaten. Sampai saat ini kita terus melakukan penggalangan dana untuk Muslim Rohingya. Donasi bisa dikirim via rek 610.01.99.000088.4 Bank Aceh Syariah (kode: 116) an. Aceh Untuk Rohingya, “ ujar tutur Faisal.

Ia mengutip sebuah hadis Rasulullah SAW yang  mengatakan, “Barangsiapa yang membantu seorang Muslim (dalam) suatu kesusahan di dunia maka Allah akan menolongnya dalam kesusahan pada hari kiamat. Dan barangsiapa yang meringankan (beban) seorang Muslim yang sedang kesulitan maka Allah akan meringankan (bebannya) di dunia dan akhirat.”

Ketua ACT Aceh, Husaini Ismail yang juga aktif dalam SAUR menyebutkan, sumbangan masyarakat Aceh tersebut disalurkan dalam bentuk makanan, medis, shelter (hunian sementara), pendidikan dan fasilitas ibadah.

Faisal Ali menambahkan,  pada Senin (13/11) malam,  pihaknya akan menyelenggarakan acara Tabligh Akbar, malam amal penggalanan dana dan zikir serta doa bersama di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh.  Acara tersebut  akan dihadiri oleh para ulama kharismatik Aceh, Gubernur Aceh Irwandi Yusuf, Walikota Banda Aceh, Forkompimda dan SKPA.

“Dalam acara malam amal nanti, ulama-ulama yang akan menghadiri kegiatan tersebut sudah konfirmasi akan menghadiri kegiatan tersebut. Ini patut kita syukuri dikarenakan ulama-ulama sepuh yang akan menghadiri acara ini usianya sudah uzur dan jarang beraktivitas saat malam hari. Tapi ketika mendengar kegiatan ini dalam rangka mendoakan muslim Rohingya, para ulama tersebut sangat antusias untuk menghadirinya,“ kata Faisal Ali.

Category: ZISWaf
No Response

Leave a reply "SAUR Salurkan Sumbangan Masyarakat Aceh lewat ACT"