Sidoarjo Gelar Kontes Ternak Hewan Kurban

0 210


IST

Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Pemkab Sidoarjo menggelar Kontes Ternak Hewan Kurban sebagai persiapan perayaan Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijah yang jatuh pada 12 September 2016.

Acara yang digelar di halaman Pasar Induk Puspa Agro Kabupaten Sidoarjo, Selasa (6/9) ini dibuka Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf. Dalam kegiatan tersebut, hewan kurban diberi nilai dengan kriteria masing-masing.

Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin berharap agar peternak terus merawat hewan ternaknya dengan baik. Jika diperlukan, peternak bisa meminta kepada instansi pemerintah terkait untuk memberikan pengetahuan cara merawat dan mengembangbiakan ternak dengan baik dan sehat.

Ia menghimbau kepada SKPD yang menangani hewan dan ternak dapat memberikan  pendampingan kepada peternak. “Semoga kegiatan Kontes Ternak Hewan Qurban ini memberi inspirasi kepada peternak lainnya untuk meningkatkan diri merawat hewan qurbanya secara sehat,” ujarnya.

Gus Ipul, sapaan akrab Wagub Jatim, menilai peternak berperan utama dalam meningkatkan ketersediaan pangan nasional. Menurutnya, berkat peternak, kebutuhan stok pangan Jatim aman. Terutama, kebutuhan pangan yang meliputi hewan ternak, daging hingga kebutuhan konsumsi hewani masyarakat. Kondisi ini, sangat menunjang masyarakat muslim yang ingin merayakan Idul Adha.

Gus Ipul meminta kepada peternak agar memperlakukan hewan ternak sama dengan menjaga mahkluk hidup lainnya. Sebab, hewan ternak juga membutuhkan perhatian dan perawatan secara baik.

“Saya berterima kasih atas peran dari peternak yang terus berupaya meningkatkan produktivitas dari hewan ternak di Jatim. Andalah, yang menjadi unsur penting dalam menjaga ketersediaan pangan nasional. Peternak juga harus terus berinovasi agar kebutuhan pangan nasional dapat tercukupi dengan baik,” kata Gus Ipul mengingatkan.

Ia menyatakan, pemerintah pusat telah menunjuk Jatim sebagai sentra hewan dan daging sebagai stok dalam mencukupi ketersediaan pangan nasional. Oleh sebab itu, Pemprov Jatim bersama peternak berupaya terus melakukan pendampingan dan peningkatan pengetahuan agar kebutuhan naional tetap tercukupi.

Menjelang Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban, Gus Ipul mengimbau peternak atau pedagang hewan kurban memperlakukan hewan kurban secara baik. Bahkan, pada saat proses penyembelihan, pastikan pisau yang akan digunakan untuk menyembelih sangat tajam agar hewan ternak langsung meninggal.

"Rasulullah SAW pernah menjelaskan, hewan qurban yang akan disembelih hatinya harus gembira dan tidak boleh sakit atau stres. Maka, hendaknya manusia yang akan berqurban untuk memperlakukan dan merawat hewan qurban dengan penuh hati-hati dan kasih sayang,” jelas Gus Ipul menambahkan.

Category: Nasional
No Response

Leave a reply "Sidoarjo Gelar Kontes Ternak Hewan Kurban"