Thailand, Jalur Perdagangan Bangsa Arab

0 191


http://halallivingthailand.com

Masjid Ton Son, Bangkok, Thailand

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Thailand biasa disebut juga Muangthai, atau Muangthai Risabdah, atau Siam, atau negeri gajah putih, terletak di sebelah utara Malaysia, dan sering dilukiskan sebagai bunga yang mekar di atas sebuah tangkai.

Islam Dipercaya masuk Thailand sekitar abad ke-10 dan ke-11 melalui jalur perdagangan orang-orang Jazirah Arab. (Baca: Masjid Tonson, Pertama di Bangkok)

Masjid begitu banyak berdiri di Thailand sebagai pusat perkembangan Islam, misalnya, di Bangkok ada sekitar 159 masjid, Krabi 144 masjid, Narathiwat 447 masjid, Pattani 544 masjid, Yala 308 masjid, Songkhla 204 masjid, dan Satun 147 masjid. Mayoritas penduduk Thailand adalah Bangsa Siam, Tionghoa, dan sebagian kecil bangsa Melayu.

Populasi Muslim Thailand memang tidak lebih dari 10 persen dari 65 juta total jumlah penduduk, tapi Islam menjadi agama mayoritas kedua setelah Buddha.

Penduduk Muslim Thailand sebagian besar berdomisili di bagian selatan Thailand, seperti di Provinsi Pha Nga, Songkhla, Narathiwat, dan sekitarnya yang dalam sejarahnya adalah bagian dari Kesultanan Islam Pattani.

Category: Jejak
No Response

Leave a reply "Thailand, Jalur Perdagangan Bangsa Arab"